Peti Mati Unik, Bisnis Baru di Rusia

Peti mati berbentuk ikan (Foto: Reuters)MOSKOW - Apa yang bisa diungkapkan dari sebuah peti mati, selain sebagai sebuah kotak yang menjadi pengantar bagi seseorang menuju tempat peristirahatan terakhirnya. Kini, peti mati menjadi bisnis yang menarik di Rusia.

Saat Rusia masih bernama Uni Soviet, bentuk peti mati hanyalah sebuah kotak biasa yang berhiaskan kain satin. Tetapi kini, mulai dibuat dalam bentuk yang aneh dan menarik. Peti mati tersebut bahkan terus menarik perhatian banyak warga Rusia saat ini.

Menurut sebuah perusahaan peti mati di Rusia mengatakan, permintaan peti mati semakin rumit dan diwarnai dengan beragam bentuk serta bahan.

Kalangan kaya Rusia lebih menginginkan banyak memilih peti mati yang dibuat dari kayu mahogani ataupun kayu pinus, tentunya mahal. Tidak puas dengan bahannya, mereka bahkan kerap meminta peti mati yang dilapisi kristal dari Swarowksi. 

"Kami terus belajar dari tradisi. Saat negara ini masih Uni Soviet, kami tidak mendapatkan peti mati ini. Kami pun tidak memiliki banyak pilihan," jelas pemilik perusahaan peti mati Yury Alampikov seperti dikutip AFP, Selasa.

Kini kapitalisme pun mempengaruhi industri peti mati Rusia. Bukan hanya bentuk peti mati yang mahal, ada beberapa bentuk peti mati yang aneh diproduksi oleh perusahaan di Rusia.

Bahkan dari mereka ada yang menyediakan peti mati berbentuk ikan. Perusahaan-perusahaan peti mati di Rusia pun sepertinya tidak ingin melewatkan kesempatan berkreasi. Mereka menilai, orang yang sudah meninggal pun memiliki hak untuk dikuburkan dengan gaya yang nyeleneh.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan berkomentar