Jutaan Lebah Sebabkan Jalan Raya Ditutup

SALT LAKE CITY, — Satu truk bak terbuka di Amerika Serikat yang membawa ratusan sarang lebah terbalik di dekat zona pembangunan jalan raya sehingga jutaan lebah "keluar sarang" dan memaksa pihak berwenang menutup sementara Interstate 15, kata sejumlah pejabat Senin (24/10/2011).

"Pengemudi truk kehilangan kendali, menabrak penghalang beton dan mobilnya terbalik. Tentu saja lebah-lebah kemudian ada di mana-mana," kata Kopral Todd Johnson di Utah Highway Patrol.

Jalan raya di Utah selatan itu ditutup selama beberapa jam pada Minggu malam sampai Senin pagi, kata beberapa pejabat. Peternak lebah setempat berusaha sepanjang malam untuk mengumpulkan lebah yang "meloloskan diri". Para pejabat mengatakan, jaring dipasang untuk menutupi sarang lebah tapi banyak lebah berhasil meloloskan diri setelah truk tersebut terbalik.

Pengemudi truk itu dan dua petugas penegak hukum yang menanggapi kecelakaan tersebut disengat lebah, tapi sengatan tersebut tak mengancam nyawa, kata Johnson. "Ada 450 koloni di dalam muatan dan barangkali sebanyak 45.000 lebah di koloni tersebut," kata Richard Adee dari Adee Honey Farms di Bruce, South Dakota. Itu berarti ada lebih dari 20 juta lebah.

Adee mengatakan lebah tersebut akan dibawa ke Bakersfield, California, untuk penyerbukan kenari pada musim semi berikut. "Kami mengembalikan peralatan ke tempatnya, menaruhnya kembali di truk dan peti kemas dan apa pun yang dapat kami temukan untuk menghilangkan mereka dari sana," kata peternak lebah Melvin Taylor dari Santa Clara, Utah.

"Lalu kami berusaha memindahkan mereka sejauh mungkin dari daerah metropolitan, sebab ketika lebah itu aktif hari ini, mereka akan mengamuk gara-gara rumah mereka hancur berantakan," tambah Taylor. Taylor menambahkan lebah yang tak dapat dikumpulkan dan dipindahkan diduga mati dalam kecelakaan dan upaya pembersihan.

Sumber :ANT

0 komentar:

Post a Comment

silahkan berkomentar